Contoh Proposal Bisnis Plan

 

NAMA USAHA : Nata De Aloe Vera, Kerupuk Lidah Buaya

JENIS PRODUK : Makanan Dan Minuman Ringan

PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG

Dalam kehidupan sehari-hari tubuh membutuhkan nutrisi yang baik agar mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Banyak tumbuhan yang kita temui mengandung berbagai macam manfaat yang baik di konsumsi oleh tubuh. Salah satunya adalah lidah buaya, lidah buaya merupakan tumbuhan yang sering kita temui karena ia dapat tumbuh dimana saja dapat diolah menjadi berbagai macam produk sesuai dengan manfaat dan kebutuhannya. Biasanya lidah buaya digunakan sebagai produk kecantikan seperti shampo, sabun, lotion, vitamin kulit, masker dan sebagainya.

 saya memilih lidah  buaya sebagai bahan baku untuk dijadikan usaha dan diolah menjadi makanan ringan, karena manfaat mengkonsumsi lidah buaya dapat melancarkan pencernaan, pencernaan yang sehat merupakan kunci dari tubuh yang sehat sebab pencernaan yang buruk dapat berujung pada berbagai macam penyakit lidah buaya sudah dikenal menjadi tanaman obat yang melancarkan pencernaan dan menjaga pencernaan supaya tetap sehat. Selain itu mengkonsumsi lidah buaya dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena lidah buaya mengandung gelatin sama seperti rumput laut yang berfungsi menyerap racun pada usus dan mengeluarkannya bersama dengan kotoran, mencegah terjadinya serangan jantung, mengobati sakit kepala, cacingan dan sakit mata, menurunkan kolestrol dalam darah serta mengobati diabetes melilitus, mengatasi wasir, sembelit, kencing manis, batuk, kejang, melancarkan menstruasi.

            Nata de aloe vera adalah jenis makanan yang dapat di olah menjadi bahan dasar minuman mirip seperti nata de coco, bisa membuat minuman sesuai selera dan dapat diolah menjadi kerupuk lidah buaya.

 

1.2 PELUANG BISNIS

Di pasaran semakin banyak produk makanan dan minuman ringan yang menawarkan berbagai macam variasi baru disini Saya memilih lidah buaya karena bahannya yang tidak sulit di cari dan pengolahan lidah buaya masih sedikit digunakan untuk pengolahan makanan ringan seperti kerupuk, dan minuman. Harganya terjangkau tidak terdapat bahan pengawet yang berbahaya untuk tubuh karena pengolahannya di proses dengan cara yang alami. Selain itu banyaknya manfaat mengkonsumsi lidah buaya dan kandungan vitamin dari yang dapat di serap oleh tubuh.

1.3 PENJELASAN PRODUK

Produk yang saya hasilkan merupakan produk bahan dasar minuman karena bentuknya seperti jeli jadi bisa dijadikan bahan minuman bisa di campur dengan sirup dan pemanis lainnya, jika di keringkan dapat di buat kerupuk. Cara pengolahan lidah buaya yang pertama adalah mengambil lidah buaya yang besar dan belum terlalu tua, lalu cuci sampai bersih, kupas kulitnya dan ambil dagingnya, dipotong berbentuk dadu, lalu dicuca sampai lendirnya hilang, setelah itu rendam dengan air garam selama 20 menit, lalu bilas kembali sampai bersih, setelah lidah buaya bebas dari lendir dan bau rendam di air mendidih selama 15 menit agar lebih harum tambahkan pandan secukupnya. Setelah itu daging lidah buaya siap untuk di olah menjadi minuman dan makanan. Cara pengolahan lidah buaya menjadi kerupuk adalah setelah diolah dan di rebus haluskan lidah buaya dengan cara diblender lalu campurkan dengan telur dan tepung terigu, lalu dibentuk menjadi kotak kotak kecil, lalu digoreng dan di kasih bumbu. Jadi saya menyediakan dua produk yaitu Nata De Aloe Vera dan Kerupuk lidah buaya.

1.4 TUJUAN DAN MANFAAT

·         Mencari keuntungan

·         Agar para konsumen dapat merasakan manfaat mengkonsumsi lidah buaya dan manfaat vitamin yang diserap oleh tubuh

·         Memanfaatkan lidah buaya menjadi makanan dan minuman ringan

 

ANALISA SWOT

2.1 Faktor Internal

1.      Strength (kekuatan)

Kekuatan dari produk ini adalah:

ü  Menyediakan dua produk Nata De Aloe Vera dan keripik lidah buaya

ü  Produk ini memiliki banyak manfaat yang berkhasiat untuk tubuh

ü  Produk ini bisa di jadikan bahan dasar untuk segala macam minuman dan bisa dicampur dengan berbagai macam manisan

ü  Produk bisa diolah sendiri oleh konsumen menjadi keripik.

ü  Produk diperoleh dari bahan alami

ü  Bahan baku mudah di dapat

2.      Weakness (kelemahan)

Kelemahan dari produk ini adalah:

ü  Tidak tahan lama jika dijadikan minuman

ü  Belum memiliki pengalaman

ü  Pemasaran yang maksimal, karena lidah buaya jarang digunakan sebagai bahan makanan

2.2 Faktor Eksternal

3.      Opportunity (peluang)

Peluang dari produk ini:

ü  Inovasi baru lidah buaya diolah menjadi makanan ringan

ü  Bahan baku mudah di dapat

4.      Threath (ancaman)

Ancaman dari produk ini:

ü  Keacuhan konsumen

ü  Produk belum dikenal

 

 

ANALISA 4P

a)      Product (produk)

Produk yang dijual adalah “Nata De Aloe Vera” yang juga bisa dijadikan makanan dan minuman ringan.

“Keripik lidah buaya” yang merupakan makanan ringan

b)      Prize (harga)

Harga satu bungkus Nata De Aloe Vera, Rp 5.000,00

Harga satu bungkus keripik lidah buaya, Rp 10.000,00

c)      Promotion (promosi)

Dalam melakuakan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur dan membuka stand di tempat tertentu, dan promosi lewat media sosial seperti facebook, twitter, instagram, Blogger dan sebagainya.

d)     Place (tempat)

Membuka stand di depan supermarket

 

PERENCAAN BISNIS

3.1 SASARAN DAN TARGET PASAR

Sasaran atau terget pasar kami adalah daerah sekitar produksi lalu dari kalangan remaja, mahasiswa, ibu rumah tangga, penjual minuman dingin, dari berbagai kalangan lalu menyebar keseluruh masyarakat indonesia

3.2 PEMBIAYAAN

1)      Biaya tetap (fixed) cost)

Saya mengunakan bahan-bahan yang tersedia dirumah seperti pisau, baskom, wajan dan kompor, panci, spatula, blender.

2)      Biaya variabel (variabel cost)

Bahan-bahan Nata De Aloe Vera:

Bahan-bahan keripik lidah buaya:

Biaya total :  

Biaya tetap + Biaya variabel = 0 + 56.000 + 141.000 = 197.000

Biaya per unit :

ü  Nata De Aloe Vera

Harga per unit : Rp 5.600,00

Harga jual :       Rp  7.000,00

ü  keripik lidah buaya

Harga per unit : Rp 14.100,00

Harga jual :       Rp 10.000,00

PERHITUNGAN KEUNTUNGAN

Pendapatan : Rp 7.000 + Rp 10.000= Rp 17.000

HPP:

·         Nata De Aloe Vera : Rp 7000 x 20 Bungkus    =   Rp 140.000,00

·         keripik lidah buaya : Rp 10.000 x 20 Bungkus =   Rp 200.000,00 +

   =   Rp 340.000,00

Total HPP: keuntungan= total biaya – pendapatan

Rp 440.000,00 – Rp 17.000,00= Rp 423.000,00

Jadi saya mendapatkan keuntungan dalam penjualan Nata De Aloe Vera dalam 20 bungkus dan kerupuk lidah buaya dalam 20 bungkus adalah Rp 423.000,00

STUDY KELAYAKAN

4.1 LOKASI

Saya memilih lokasi membuka stand dan memasang banner di depan stand, lokasi yang saya pilih untuk membuka stand adalah di depan supermarket luwes karena banyaknya orang yang datang ke supermarket agar terlihat oleh orang banyak. 

4.2  SARANA DAN PRASARANA

untuk mendirikan stand saya memakai etalase kecil yang saya letakan di atas meja di sana saya akan meletakan Nata De Aloe Vera dan kerupuk lidah buaya lalu saya akan menjual beberapa contoh minuman yang sudah di campur dengan Nata De Aloe Vera.

RENCANA MANAJEMEN

1.      Strategi pemasaran

Dikarenakan produk pemasaran belum banyak beredar di pasaran membutuhkan strategi pemasaran agar dapat dilihat dan menjadi pilihan konsumen tahapan pengembangan produk sebagai berikut:

§  Pengembangan produk

Produk yang dijualkan kepada konsumen dibuat menarik, ada yang di produksi sebagai minuman dan makanan (kerupuk).

§  Kegiatan promosi

Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Dengan menyebarkan brosur, membuka stand, membuat beberapa minuman dan makanan yang disebar di beberapa warung.    selain itu promosi di media sosial lewat blogger, facebook, twitter, dan sebagainya.  

§  Kegiatan pemesanan

Dapat memesan dalam bentuk yang sudah diolah menjadi kerupuk lidah buaya dan minuman kemasan langsung seperti es lidah buaya yang dicampur dengan buah lainnya.

 

2.      Strategi produksi

Memberikan layanan yang terbaik kepada konsumen, membuat dan menyelesaikan dengan cepat apabila ada pemesanan dari konsumen. Menyediakan pemesanan minuman dari campuran Nata De Aloe Vera.

3.      Strategi Penetapan Harga

Penetapan harga Nata De Aloe Vera adalah 5.000 per bungkus (400ml). Dan harga kerupuk lidah buaya 10.000 per bungkus (400ml). Perbedaan harga dikarenakan modal dan proses pembuatan yang berbeda, Nata De Aloe Vera prosesnya lebih sedikit dan modal yang keluarkan lebih sedikit dibanding dengan kerupuk lidah buaya yang modalnya lebih banyak dan proses pengolahannya yang lebih banyak.

4.      Rencana Pengembangan Produksi

Rencana-rencana pengembangan produksi kami antara lain:

·         Meningkatkan produksi

·         Memperluas jangkauan promosi

·         Meningkatkan kualitas produk

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

PENGARUH LABEL HALAL DALAM KEPUTUSAN KONSUMEN

mahfuzot